Memperbaiki Unmountable Boot Volume

Sekitar 2 hari yang lalu saya dapat masalah pada OS Windows xp saya,memang salah saya sih gara-gara terlalu sering matiin komputer ga pake aturan,main cabut kabel ajah,hasilnya Windows error ga mau terhubung dengan Hardware komputernya.

Pertama kali nyalain masuk dari windows akan keluar Blue screen(layar warna biru) dengan pesan ““UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME” trus pesan lainnya  bla bla2 .., sampe di bawahnya pesan ” Error 0x000000ED ”  parahnya lagi pesan ini muncul sangat cepat kurang dari 1detik komputer langsung restart,pusing tadinya  gimana mau perbaiki  klo pesannya segitu cepatnya,akhirnya dapat ide untuk ngambil gambarnya pake camera digital..

Browsing cari diinternet ga ada artikel  yang begitu match dengan masalah saya akhirnya saya dapat tulisan dari mas IRWAN tentang masalah ini  ,semuanya clear kena 100%..jadi biar ga lupa saya pun catat dibloog ini biar gampang nyarinya..dibawah ini pun artikelnya tulisan beliau saya copy,yah itung2 menyebarkan ilmu orang kan jadi amal juga buat saya ,yah semacam MLM lah..  tapi ini MLP (multi level pahala) HAHAAHA..

berikut tulisan beliau Sumber asli:http://irwan.dagdigdug.com/memperbaiki-unmountable-boot-volume/

Pernah nggak ngalamin Windows Crash saat loading start up dengan menampilkan layar biru (blue screen) bertuliskan “UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME” ??

unmountableboot

Ya, kejadian seperti ini memang sangat-sangat jarang terjadi. Dan sialnya harus kualami lagi untuk kedua kalinya setelah menemukan kejadian yang sama 2 tahun yang lalu! Entah sudah nggak terhitung berapa puluh kali yang namanya format Hard Disk, dari cara sederhana sampai dengan bantuan software masih nggak mempan. Sampai-sampai Hard Disk itu aku bikin ZERO FILL lagi pake program MaxBlast4, berharap kalau Kapasitas Hard Disk benar-benar kosong seperti baru lagi akan membantu memecahkan masalah. Nggak taunya sama aja! Malah data-data didalamnya terlanjur hilang (untungnya sih udah diback-up…).

Jengkel juga karena aku benar-benar lupa cara memperbaikinya, disamping konsen udah berkurang jauh karena beberapa hari ini kurang tidur. Kupaksakan membongkar isi dus-dus buku dan catatan-catatan lama, akhirnya nemu juga! ternyata cuma dengan beberapa langkah akhirnya masalah teratasi juga! hehehe…

Nah, daripada kejadian seperti ini terulang lagi, mending aku catat disini aja deh, selain karena aman dan nggak pake debu segala… itung-itung berbagi ilmu lah… buat amal :)

GEJALA

Tampilnya Layar blue screen dengan keterangan UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME dengan huruf kapital, dilanjutkan keterangan ini-itu dan bla-bla-bla dari microsoft.

ANALISA

  • Periksa Kabel IDE Hard Disk, apakah sudah terpasang dengan benar pada Motherboard dan Hard Disk.
  • Cek setting BIOS (biasanya dengan menekan tombol F2 atau DEL) untuk memeriksa konfigurasi kecepatan UDMA pada Hard Disk, apabila disetting pada “Fast” atau “Faster” sebaiknya diubah ke “Normal”.

PERSIAPAN

Setelah semua konfigurasi sudah di cek dan dirasa sudah benar, yang perlu disiapkan adalah CD Master WINDOWS XP.

PERBAIKAN

  • Masukan CD Master ke Optical Drive (CD/DVD-Rom) dan jangan lupa untuk setting “FIRST BOOT” pada BIOS diarahkan ke CD/DVD-Rom.
  • Restart Komputer
  • Pada saat muncul tulisan “Press any key to Boot from CD/DVD...” tekan sembarang tombol
  • CD Windows akan melakukan proses loading driver hardware dan setelah itu akan muncul Welcome Screen yang menampilkan 3 (tiga) pilihan :
    • INSTALL WINDOWS (ENTER)
    • REPAIR WINDOWS (R)
    • QUIT (F3)
  • Pilih REPAIR WINDOWS dengan menekan tombol “R(tanpa tanda petik)
  • Akan muncul tampilan pilihan tempat Installasi Windows yang rusak (biasanya C:\WINDOWS) dan tekan angka 1 untuk melanjutkan
  • Sesaat command prompt akan terbuka pada C:\WINDOWS\_
  • ketik CHKDSK /P

chkdsk-p

  • Apabila terdapat pesan Error “CHKDSK found one or more errors on the volume“, pada command prompt ketik CHKDSK /R untuk memperbaikinya.

chkdsk-r

  • Setelah proses selesai dan kembali lagi ke command prompt, ketik “FIXBOOT(tanpa tanda petik)
  • Tekan tombol “Y” untuk YES saat muncul konfirmasi dari FIXBOOT
  • Setelah proses Overwritten selesai dan kembali ke command prompt
  • Ketik FIXMBR dan setelah proses selesai

fixboot

  • Ketik EXIT
  • Komputer akan Restart, dan keluarkan CD Master WINDOWS XP.

Hasilnya? langsung tokcer… Windows-pun kembali normal seperti sedia kala.

Screenshoot masih embed dari blog beliau,karena  main copy aja.. waduhh bagi yang ngebaca mohon menuju ke sumbernya langsung oke!!

8 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s